Galery Hutan Hujan Tropis


     Hutan hujan berfungsi bagi ekosistem global. Hutan hujan menyediakan rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan liar, termasuk diantaranya spesies yang terancam punah. Saat hutan ditebangi, banyak spesies yang harus menghadapi kepunahan. Beberapa spesies di hutan hujan hanya dapat bertahan hidup di habitat asli mereka. Lalu bagaimana konservasi lain seperti kebun binatang? hal ini  tidak serta merta dapat menyelamatkan seluruh hewan, banyak hewan yang hanya hidup di habitat tertentu dan ada pula yang endemik untuk suatu wilayah. 

     Selain itu juga membantu menstabilkan iklim dunia. Hutan hujan membantu menstabilkan iklim dunia dengan cara menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Pembuangan karbon dioksida ke atmosfer dipercaya memberikan pengaruh bagi perubahan iklim melalui pemanasan global. Karenanya hutan hujan mempunyai peran yang penting dalam mengatasi pemanasan global. Hutan hujan juga mempengaruhi kondisi cuaca lokal dengan membuat hujan dan mengatur suhu. 
    

      Begitu indahnya suatu Hutan Hujan tropis menjadi indikator tersendiri betapa bermanfaatnya hutan tersebut bagi kehidupan di sekitarnya. Di samping keindahannya, Hutan ini sangat penting sebagai penyeimbang iklim bumi, produsen bagi oksigen terbesar di bumi yang menopang kehidupan manusia dan hewan juga sebagai daerah resapan air dan banyak fungsi turunan lainnya. Untuk itu diperlukan kesadaran semua pihak guna menjaga kelestariannya. Tidak masalah bagi Hutan Hujan kehilangan vegetasinya, namun bagaimana dengan kita? justru semakin berkurangnya Hutan Hujan Tropis, menjadi ancaman besar bagi kehidupan manusia
       


Hutan Hujan Tropis

Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Tentang Biogas